Skip to main content

Featured

Uniknya Rumah Bolon khas Suku Batak-Kenichapedia

Sumatera Utara punya segudang keunikan yang ada didalamnya, dari masyarakatnya, budayanya, makanannya pariwisatanya dan tak kalah unik dari   bangunan-bangunan rumahnya. Jika kalian mengunjungi tanah batak, kalian pasti akan sering menjumpai rumah unik yang satu ini, yah Rumah Bolon. Ternyata rumah ini juga punya sejarahnya, dan hingga kini masih banyak kita jumpain rumah Bolon, bahkan sebagian sudah menjadi Museum dan dijadikan Warisan Budaya asli Batak. Pada zaman dahulu kala, rumah Bolon adalah tempat tinggal dari 13 raja yang tinggal di Sumatera Utara. 13 Raja tersebut adalah Raja Ranjiman, Raja Nagaraja, Raja Batiran, Raja Bakkaraja, Raja Baringin, Raja Bonabatu, Raja Rajaulan, Raja Atian, Raja Hormabulan, Raja Raondop, Raja Rahalim, Raja Karel Tanjung, dan Raja Mogam. Ada beberapa jenis rumah bolon dalam masyarakat Batak yaitu, rumah Bolon Toba, rumah Bolon Simalungun, rumah Bolon Karo, rumah Bolon Mandailing, rumah Bolon Pakpak, dan Rumah bolon Angkola. Setiap rum

4 jenis Manajemen yang harus kamu dikuasai saat kuliah-kenichapedia




Percaya gak sih? kita kuliah itu 70%  belajar biologi(prodi yang diambil) dan 30% nya lagi kita belajar manajemen. Loh kok manajemen kan kamu anak MIPA!.. Selooow bosque,, gua jelasin nih.
 Manajemen yang gua maksud disini yaitu manajemen terapan dan bukan teori lagi.

Pertama semasa lo kuliah.. lo bakal belajar yang namanya "Manajemen waktu". Bayangin tuh dalam satu minggu ada berapa sks,,,belum tugas dan laporan praktikum yang menumpuk, belum lagi lo ikut organisasi kampus bakal ada rapat mendadak,, ada juga yang kuliah sambil bisnis(kubis),,belum lagi yang mau cari jodoh,,, secara gak sadar lo akan terbiasa mengelola dan membagi waktu yang lo punya agar semua kegiatan dapat lo laksanakan tanpa mengganggu waktu kuliah lo.

kedua, " Manajemen keuangan". Nah bagi anak kost yang hidup merantau jauh dari orang tua, transferan nya sering telat,, harus bayar buku ini itu, biaya praktikum,, uang bulanan kost,,uang jajan, beli kuota,,infak,, dengan uang yang dijatah tiap bulan nya mau tidak mau harus cukup memenuhi semua kebutuhan lo selama sebulan,,dengan begitu lo terbiasa mengatur keuangan dengan sendirinya.

ketiga, "Manajemen kerja". karna masih kuliah manajemen kerja yang dimaksud disini yaitu gimana cara lo mengatur cara untuk belajar mandiri,,, mengatur target prestasi,, berapa target IPK yang harus lo capai,, berapa target nilai tiap mata kulliah lo,, mengatur strategi belajar,,, jadi kinerja lo dalam belajar akan terstruktur dan termanajemen. Tips nya nih,, kalau mau IPK lo naik terus, bekawanlah sama yang lebih pintar, buat kelompok belajar, jadi pengurus kelas, atau cari muka sama dosen,,,maksudnya disini bukan cari gara-gara sama itu dosen, tapi sering-sering lah lo bertanya mau pun menjawab pertanyaan beliau, dengan begitu si dosen bakal familiar sama wajah dan nama lo.

keempat, "Manajemen Hati". Agak lucu sih kedengarannya, tapi ini juga penting. Selama kuliah lo bakal jumpain drama-drama berkepanjangan,,, entah itu karna lo sebal menghadapi dosen killer,,menghadapi teman yang toxic,,menghadapi tugas-tugas kuliah diatas kemampuan kita, nahh... untuk menghindari stress, lo harus pandai tuh mengelola hati lo, biar gak baper dan gampang stress,,, Tips nya sih kalau lagi stress,,, ingat keluarga lo,, stress mana, kuliah atau stress cari biaya kuliah?


Nah,,, itu dia manajemen yang gua maksud, atau ada yang mau nambahin lagi? silahkan tulis di koment ya...

Comments