Skip to main content

Featured

Uniknya Rumah Bolon khas Suku Batak-Kenichapedia

Sumatera Utara punya segudang keunikan yang ada didalamnya, dari masyarakatnya, budayanya, makanannya pariwisatanya dan tak kalah unik dari   bangunan-bangunan rumahnya. Jika kalian mengunjungi tanah batak, kalian pasti akan sering menjumpai rumah unik yang satu ini, yah Rumah Bolon. Ternyata rumah ini juga punya sejarahnya, dan hingga kini masih banyak kita jumpain rumah Bolon, bahkan sebagian sudah menjadi Museum dan dijadikan Warisan Budaya asli Batak. Pada zaman dahulu kala, rumah Bolon adalah tempat tinggal dari 13 raja yang tinggal di Sumatera Utara. 13 Raja tersebut adalah Raja Ranjiman, Raja Nagaraja, Raja Batiran, Raja Bakkaraja, Raja Baringin, Raja Bonabatu, Raja Rajaulan, Raja Atian, Raja Hormabulan, Raja Raondop, Raja Rahalim, Raja Karel Tanjung, dan Raja Mogam. Ada beberapa jenis rumah bolon dalam masyarakat Batak yaitu, rumah Bolon Toba, rumah Bolon Simalungun, rumah Bolon Karo, rumah Bolon Mandailing, rumah Bolon Pakpak, dan Rumah bolon Angkola. Setiap rum

Momentum Ramadhan 1440 H


1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada tanggal, senin 06 Mei 2019. Umat muslim akan memulai ibadah puasa esok hari. Ibadah puasa yang menjadi rukum iman ketiga ini dilakukan setiap bulan Ramadhan. Seluruh Umat muslim bersuka cita menyambut datangnya Ramadhan. Bukan tanpa alasan, karena di bulan ini ada banyak keberkahan dan kelimpahan pahala dari Allah SWT. Segala bentuk ibadah yang dilakukan pada bulan ini pahalanya akan dilipat gandakan. Maka dari itu masyarakat muslim lebih giat beribadah dibulan ramadhan ini dari shalat sunah tarawih, tadarus al-Qur'an, sedekah dll.

Bagi sebagian orang bulan Ramadhan akan dijadikan momentum untuk bertaubat dan kembali kepada Allah. Jika selama ini kita terlalu sibuk bekerja dengan segala rutinitas yang ada, maka di bulan inilah saat mereka gunakan untuk memperdalam lagi ilmu agama, memperbaiki ibadah yang belum sempurna, dan berusaha menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Bulan Ramadhan juga digunakan sebagian orang untuk  berbisnis, mengapa? sudah jelas bukan karena dibulan ini semua kebutuhan masyarakat akan lebih meningkat, dari kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Seperti kebutuhan makanan, ketika bulan ramadhan tradisi berbuka puasa dengan banyak makanan seperti takjil dan makanan manis yang lainnya pun meningkat, selain itu kebutuhan menjelang Hari Raya Idul fitri pun akan meningkat, biasanya masyarakat akan membeli baju baru untuk dikenakan saat lebaran. Hal ini dimanfaatkan oleh pada pebisnis untuk menjual berbagai perlengkapan pakaian dan memberi diskon bersar-besaran.

Momentun ramadhan juga dimanfaatkan untuk aktivitas sosial seperti berbagi bersama kaum yang membutuhkan, akan ada banyak kegiatan bazar amal selama bulan puasa kemudian akan bermunculan event-event yang berkaitan dengan amal dan berbagi, seperti Ramadhan fair, Santunan anak yatim, buka bersama kaum duafa dan lain sebagainya.

Seperti itu lah serba-serbi yang terjadi saat momentum bulan Ramadhan.

Comments