Skip to main content

Featured

Uniknya Rumah Bolon khas Suku Batak-Kenichapedia

Sumatera Utara punya segudang keunikan yang ada didalamnya, dari masyarakatnya, budayanya, makanannya pariwisatanya dan tak kalah unik dari   bangunan-bangunan rumahnya. Jika kalian mengunjungi tanah batak, kalian pasti akan sering menjumpai rumah unik yang satu ini, yah Rumah Bolon. Ternyata rumah ini juga punya sejarahnya, dan hingga kini masih banyak kita jumpain rumah Bolon, bahkan sebagian sudah menjadi Museum dan dijadikan Warisan Budaya asli Batak. Pada zaman dahulu kala, rumah Bolon adalah tempat tinggal dari 13 raja yang tinggal di Sumatera Utara. 13 Raja tersebut adalah Raja Ranjiman, Raja Nagaraja, Raja Batiran, Raja Bakkaraja, Raja Baringin, Raja Bonabatu, Raja Rajaulan, Raja Atian, Raja Hormabulan, Raja Raondop, Raja Rahalim, Raja Karel Tanjung, dan Raja Mogam. Ada beberapa jenis rumah bolon dalam masyarakat Batak yaitu, rumah Bolon Toba, rumah Bolon Simalungun, rumah Bolon Karo, rumah Bolon Mandailing, rumah Bolon Pakpak, dan Rumah bolon Angkola. Setiap rum

Inidia 5 Pelajaran Hidup yang dapat kita petik dari Kaktus-kenichapedia



Inidia 5 Pelajaran Hidup yang dapat kita petik dari Kaktus-kenichapedia

            Kaktus adalah Salah satu tumbuhan yang sering dijadikan tanaman hias karena bentuknya yang unik. Meskipun tanaman ini dipenuhi dengan duri, tetapi tidak menutup keindahan dan keistimewaan tanaman yang satu ini. Kaktus mampu bertahan hidup di daerah yang panas dan kering.
Ada banyak pelajaran hidup yang dapat kita petik dari tanaman ini. Salah satu diantaranya adalah sikap kaktus yang kuat dan bertahan dalam menjalani hidup. Meskipun kaktus terlihat kuat, tetapi ia juga memiliki sisi lembut dimana ketika ada yang menyakitinya ia akan mengeluarkan getah tanda ia bersedih.
1.      Pandai Menjaga diri
Kaktus pandai menjaga dirinya melalui duri-duri tajam yang menempel pada tubuhnya. Duri-duri itu tersusun rapi dan siap dijadikan tameng untuk melindungi diri dari ancaman yang datang. Dengan begitu, orang-orang tidak berani untuk melukainya.

2.      Tangguh di tengah Panas
Melihat kondisi kaktus yang hidup didaerah panas, menjadikannya sebagai tanaman yang tangguh dan kuat serta memiliki sifat kemandirian. Meski tidak diberi perhatian yang khusus kaktus tetap harus bertahan demi keberlangsungan hidupnya.

3.      Percaya diri dengan penampilannya
Kaktus sangat percaya diri. Dengan kekuatan yang dimilikinya, tidak menyulutkan dirinya untuk terus bertahan hidup dan berada dalam pot-pot kecil sebagai tanaman hias. Ia percaya dibalik kekurangannya terselip keistimewaan yang membuat orang-orang senang melihatnya.

4.      Penyabar
Kaktus pantas disebut penyabar. Butuh waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun bagi kaktus untuk memunculkan bunga yang indah dipandang. Kesabaran inilah yang harus kamu tiru dalam mencapai suatu keberhasilan.

5.      Meski berduri ia sangat istimewah
Dibalik kekurangannya, kaktus memiliki keistimewaan. Meski tidak memiliki daun kaktus bisa menghasilkan makanan sendiri. Meski terlihat berbahaya, tetapi orang-orang senang menjadikannya sebagai tanaman hias.

Comments