Skip to main content

Featured

Uniknya Rumah Bolon khas Suku Batak-Kenichapedia

Sumatera Utara punya segudang keunikan yang ada didalamnya, dari masyarakatnya, budayanya, makanannya pariwisatanya dan tak kalah unik dari   bangunan-bangunan rumahnya. Jika kalian mengunjungi tanah batak, kalian pasti akan sering menjumpai rumah unik yang satu ini, yah Rumah Bolon. Ternyata rumah ini juga punya sejarahnya, dan hingga kini masih banyak kita jumpain rumah Bolon, bahkan sebagian sudah menjadi Museum dan dijadikan Warisan Budaya asli Batak. Pada zaman dahulu kala, rumah Bolon adalah tempat tinggal dari 13 raja yang tinggal di Sumatera Utara. 13 Raja tersebut adalah Raja Ranjiman, Raja Nagaraja, Raja Batiran, Raja Bakkaraja, Raja Baringin, Raja Bonabatu, Raja Rajaulan, Raja Atian, Raja Hormabulan, Raja Raondop, Raja Rahalim, Raja Karel Tanjung, dan Raja Mogam. Ada beberapa jenis rumah bolon dalam masyarakat Batak yaitu, rumah Bolon Toba, rumah Bolon Simalungun, rumah Bolon Karo, rumah Bolon Mandailing, rumah Bolon Pakpak, dan Rumah bolon Angkola. Setiap rum

5 Sukses yang harus kamu Perjuangkan- kenichapedia


SUKSES adalah tujuan semua orang, tapi apa sih sukses menurut kamu sendiri, apa definisi sukses  versi kamu adalah memiliki karir yang cemerlang, punya rumah mobil, punya jabatan dan lain sebagainya. Padahal sejatinya sukses tak hanya melulu tentang itu.


Asep Ridrid Karana seorang pakar spiritual mind motovation, mengungkapkan bahwa ada 5 sukses yang harus diperjuangkan.
Berikut penjelasan singkat kelima sukses tersebut.
1.      Sukses dalam Spiritualitas
Kesuksesan ini berkaitan dengan akhirat atau ketaatan kamu terhadap agama yang dianut. Misalnya, jika kamu beragama Islam, kamu harus melaksanakan sholat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, dan membayar zakat. Ibadah wajib ini juga dilengkapi dengan ibadah sunah seperti menunaikan umrah, shalat Tahajud, membaca Al-quran, dan lain sebagainya.
2.      Sukses dalam Finansial
Kesuksesan finansial berkaitan dengan uang. Memang uang bukan segalanya, namun kamu butuh uang untuk beragam keperluan sehari-hari. Seperti apa sukses finansial? Umumnya berupa karier yang cemerlang, rumah yang layak, kendaraan pribadi, tabungan masa depan, atau bisnis yang menguntungkan.
3.      Sukses dalam Kesehatan
Apalah artinya banyak harta atau punya kerjaan bagus kalau kamu sakit-sakitan. Bisa jadi uangmu akan habis dipakai untuk berobat. Oleh karena itu, kamu harus memiliki tubuh yang sehat. Upaya yang dilakukan bisa berupa olahraga rutin (misalnya lari pagi 3 kali seminggu), makan makanan yang sehat bergizi, istirahat cukup, dan pikiran positif.
4.      Sukses Dalam Keluarga
Pernah melihat orang kaya atau selebritis yang rumah tangganya berantakan? Kamu mungkin tidak ingin seperti mereka. Oleh karena itu, kamu harus berusaha untuk sukses dalam bekeluarga. Bentuknya bisa berupa rumah tangga yang harmonis, anak-anak yang shaleh, pasangan yang pengertian, hormat kepada orang tua, dan rukun terhadap saudara.
5.      Sukses dalam Sosial
Dalam menjalani hidup ini kamu tidak bisa sendiri, bukan? Ya , kamu butuh orang lain, entah itu teman, rekan kerja, atau tetangga. Oleh karena itu , sukses dalam hal sosial juga harus kamu perjuangkan contohnya saja bisa berperan aktif di lingkungan rumah, bekerja sama dengan rekan kerja, memiliki banyak teman, bersedekah kepada orang yang tidak mampu, menaati peraturan dan menyantuni anak yatim.

Intinya sukses bukan sekedar punya gaji besar, jabatan yang tinggi, punya rumah mewah, punya mobil keren dan lain-lain. Lebih dari itu ada banyak kesuksesan lain yang harus kita perjuangkan. Memang hidup tidak ada yang sempurna, tak semua bisa dicapai dalam hidup ini, tetapi selagi kita masih bernafas, kita harus  tetap berjuang. Semangat!!!

Comments