Skip to main content

Featured

Uniknya Rumah Bolon khas Suku Batak-Kenichapedia

Sumatera Utara punya segudang keunikan yang ada didalamnya, dari masyarakatnya, budayanya, makanannya pariwisatanya dan tak kalah unik dari   bangunan-bangunan rumahnya. Jika kalian mengunjungi tanah batak, kalian pasti akan sering menjumpai rumah unik yang satu ini, yah Rumah Bolon. Ternyata rumah ini juga punya sejarahnya, dan hingga kini masih banyak kita jumpain rumah Bolon, bahkan sebagian sudah menjadi Museum dan dijadikan Warisan Budaya asli Batak. Pada zaman dahulu kala, rumah Bolon adalah tempat tinggal dari 13 raja yang tinggal di Sumatera Utara. 13 Raja tersebut adalah Raja Ranjiman, Raja Nagaraja, Raja Batiran, Raja Bakkaraja, Raja Baringin, Raja Bonabatu, Raja Rajaulan, Raja Atian, Raja Hormabulan, Raja Raondop, Raja Rahalim, Raja Karel Tanjung, dan Raja Mogam. Ada beberapa jenis rumah bolon dalam masyarakat Batak yaitu, rumah Bolon Toba, rumah Bolon Simalungun, rumah Bolon Karo, rumah Bolon Mandailing, rumah Bolon Pakpak, dan Rumah bolon Angkola. Setiap rum

Tips Membangun Personal Branding- Kenichapedia


Ilustrasi Membangun Personal Branding- via shutterstock.com


Apasih Personal Branding Itu?
Kamu pasti pernah mendengar istilah Personal Branding, namun tahukah kamu arti dari personal branding? Personal Branding adalah sebuah cara memasarkan diri atau imej kita secara individu. Sebenarnya konsep ini cukup mudah. Jika sebelumnya praktek memasarkan diri dan karir lebih berdasarkan teknik manajemen self-help inprovement, personal branding adalah konsep yang lebih menekankan bahwa kesuksesan datang dari self- packaging.

Apa manfaat Personal Branding?
Ternyata membangun personal branding itu sangat bermanfaat dalam menunjang karir, sebagai contoh manfaat yang akan kamu dapatkan yakni:
a. Kredibilitas Anda Meningkat
Jika kamu mampu melakukan apa yang kamu katakan, sesuatu yang sudah kamu pasarkan berkaitan dengan skill kamu, maka perlahan-lahan kredibilitas kamu akan meningkat.

b. Meningkatkan Kepercayaan diri
Rasa percaya diri akan muncul karena secara bertahap kamu akan mengembangkan apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan personal branding kamu. Dengan kata lain, kamu akan terus berfokus menjadi lebih baik.

c. Kamu memiliki Nilai lebih
Jika Personal branding kamu sudah bersinar, maka nilai jual kamu pun akan meningkat. Artinya kamu bisa mendapatkan penghasilan lebih tinggi karena kamu menjadi profesional.

d.Memperluas Relasi
Semakin banyak relasi kamu,, maka semakin besar kesempatan-kesempatan emas untuk mendapatkan project-project sesuai dengan skill yang kamu tonjolkan.



Bagaimana membangun personal branding pada diri kita?
1.      Temukan brand kamu
Sebelum melangkah lebih jauh, hal yang harus kamu temukan terlebih duhulu apa brand yang ingin kamu ciptakan.
2.      Personal Integrity
Setelah kamu menemukan brand yang kamu mau, maka selanjutnya adalah menanamkan integritas dan karakter dari brand itu ke dalam diri anda. Jika perlu, gaya kamu berpakaian, gaya anda berbicara, bacaan anda, semua yang menunjukan kalau memang itulah brand kamu.
3.      Positioning
Personal branding merupakan intangible asset yang bisa jadi akan menjadi aset kamu dimasa depan, terutama dalam karir, bisnis, dan pekerjaan kamu. Memiliki personal branding yang kuat membuat anda menjadi remarkable people, seseorang yang luar basa, memiliki perbedaan, dan ada nilai tambahan dibandingkan individu lainnya. Inilah salah satu manfaar besar dalam memiliki personal branding. Maka pastikan setelah kamu menemukan brand, buat positioning yang kuat dengan memfokuskan brand kamu.
4.      Portfolio dan produktifitas
Cara memperkuat personal branding adalah memberikan bukti-bukti portofolio tentang brand yang kita bangun. Misalnya kamu ingin melakukan brand  sebagai penulis, maka kamu membuktikannya dengan menulis untuk blog, media massa, dan media online lainnya, maka itulah kemudian yang menjadi portofolio yang akan membangun brand kamu. Atau jika kamu ingin memperkuat branding sebagai fotografer kamu harus membuktikannya dengan sering mengikuti kompetisi fotografer atau membangun jasa foto freelance di sosial media yang kemudian kamu akan dikenal banyak orang sebagi fotografer yang handal.


Jadi kesimpulannya, memiliki personal branding itu sangat penting bagi karir kamu agar terlihat profesional, orang-orang akan dengan mudah mengenali kamu sebagai yang punya keahlian di bidang tertentu. dengan begitu kamu lebih mudah dilirik oleh perusahaan atau costumer lainnya. Ketika kamu sudah menemukan passion kamu, tunggu apa lagi asah terus kemampuan mu hingga kamu menjadi personal yang memiliki brand yang dikenal banyak orang. Semangat berkarya!

Comments