Skip to main content

Featured

Uniknya Rumah Bolon khas Suku Batak-Kenichapedia

Sumatera Utara punya segudang keunikan yang ada didalamnya, dari masyarakatnya, budayanya, makanannya pariwisatanya dan tak kalah unik dari   bangunan-bangunan rumahnya. Jika kalian mengunjungi tanah batak, kalian pasti akan sering menjumpai rumah unik yang satu ini, yah Rumah Bolon. Ternyata rumah ini juga punya sejarahnya, dan hingga kini masih banyak kita jumpain rumah Bolon, bahkan sebagian sudah menjadi Museum dan dijadikan Warisan Budaya asli Batak. Pada zaman dahulu kala, rumah Bolon adalah tempat tinggal dari 13 raja yang tinggal di Sumatera Utara. 13 Raja tersebut adalah Raja Ranjiman, Raja Nagaraja, Raja Batiran, Raja Bakkaraja, Raja Baringin, Raja Bonabatu, Raja Rajaulan, Raja Atian, Raja Hormabulan, Raja Raondop, Raja Rahalim, Raja Karel Tanjung, dan Raja Mogam. Ada beberapa jenis rumah bolon dalam masyarakat Batak yaitu, rumah Bolon Toba, rumah Bolon Simalungun, rumah Bolon Karo, rumah Bolon Mandailing, rumah Bolon Pakpak, dan Rumah bolon Angkola. Setiap rum

6 Kebiasaan kecil tapi Besar Pengaruhnya-Kenichapedia



6 Kebiasaan kecil tapi Besar Pengaruhnya-Kenichapedia
help-via pixabay.com

Memiliki kebiasan baik adalah keharusan bagi setiap orang. Entah itu kebiasaan untuk diri sendiri atau kebiasaan yang melibatkan orang lain. Manfaatnya lain jika kamu memiliki kebiasaan baik dalam hidup maka akan berdampak baik pula pada keseharian dan pola hidup kamu. Namun terkadang kita memiliki kebiasaan yang kelihatan sepele tapi ternyata punya dampak yang besar terhadap orang lain. Nah, apakah kamu juga termasuk yang punya kebiasaan ini?
     

  1. Tepat Waktu Saat janjian

Kadang kita terlalu sibuk dengan kerjaan hingga lupa waktu sudah buat janjian ketemuan sama orang tua atau keluarga. Atau kita sering terlambat ketika ingin berjumpa dengan rekan bisnis. Hal kecil seperti ini memang sepele kelihatannya, tapi bisa bikin keluarga atau rekan mu kecewa denganmu dan malah meremehkan kamu.
 
meeting-busnis- via pixabay.com

22.    Membiasakan kata “ Maaf”, “tolong, dan Terima kasih”.
Jika ingin meminta bantuan sebiknya gunakan lah kata tolong di awal kalimat, agar lebih sopan dan tidak terkesan seperti memerintah. Atau ketika kamu sudah di beri bantuan atau ada orang lain yang berbuat baik kepada kamu, jangan lupa ucapkan terima kasih, hal ini adalah cara yang tepat untuk mengapresiasi kebaikan orang lain. Setidaknya kamu tidak dianggap orang sombong karena terlalu pelit memberi ucapan terima kasih.
 
6 Kebiasaan kecil tapi Besar Pengaruhnya-Kenichapedia
thank you-via pixabay.com
33.      Mendengar bukan Menjawab
 Ada sebagian orang suka meminta pendapat orang lain, namun ada juga sebagian orang yang hanya ingin didengarkan ketika dia sedang curhat atau ada masalah. Karena mereka hanya ingin mengeluarkan atau meluapkan perasaan mereka. Atau contoh lain ketika Bos mu memberi tugas kepadamu atau memberi kritik, sebaiknya cukup kamu dengarkan saja, karena jika kamu terus menjawab maka kamu akan di cap sebagai pembangkang dan sulit diatur.


44.      Menatap mata lawan bicara
Hal kecil lainnya yaitu menatap lawan bicara, jika kamu sedang presentasi dengan rekan bisnis, atau sedang sidang skripsi dengan para penguji, atau kamu yang sedang PDKT dengan gebetan, maka hal yang tak boleh kamu lupakan adalah menatap lawan bicara mu, hal ini akan meyakinkan lawan bicara mu kalau kamu sedang serius bicara dengannya, dan kamu benar-benar fokus bicara kepada mereka.


55.      Tidak Lupa nama orang
Hal ini bisanya sering terjadi pada awal perkenalan, biasanya kamu akan cepat lupa nama kenalan mu karena proses perkenalan yang singkat. Tapi cobalah kamu berusaha mengingat
Namanya, maka kamu akan dengan mudah memanggil namanya ketika tidak sengaja bertemu dijalan, atau kamu berusaha mengingat nama rekan bisnis mu mana tau di kemudian hari kalian bertemu lagi untuk membahas projek bareng, tentunya ini sangat menguntungkan. Jika kamu selalu ingat nama orang, maka orang tersebut akan respect terhadap kamu, dan menghargai pribadi mu dan kamu di anggap orang yang peduli.



66.      Berkata baik atau diam
Ada kalanya kamu sedang emosi dan ingin berkata kasar, tetapi kamu tahan emosimu karna kamu tidak ingin membuat kacau keadaan. Atau kamu tidak suka mendengar orang lain membicarakan kejelekanmu, dan kamu ingin membalasnya. Ingat mulut mu harimau mu, pepatah ini benar adanya, karna mulut seseorang bisa sangat tajam dan menyakitkan orang lain. Tentunya kamu tidak inginkan menyakiti hati orang dengan kata-katamu.  Jadi berkata lah yang baik atau diam sekalian.


Hal- hal kecil seperti inilah yang dapat membuat orang lain lebih menghargai pribadimu.

Comments