Skip to main content

Featured

Uniknya Rumah Bolon khas Suku Batak-Kenichapedia

Sumatera Utara punya segudang keunikan yang ada didalamnya, dari masyarakatnya, budayanya, makanannya pariwisatanya dan tak kalah unik dari   bangunan-bangunan rumahnya. Jika kalian mengunjungi tanah batak, kalian pasti akan sering menjumpai rumah unik yang satu ini, yah Rumah Bolon. Ternyata rumah ini juga punya sejarahnya, dan hingga kini masih banyak kita jumpain rumah Bolon, bahkan sebagian sudah menjadi Museum dan dijadikan Warisan Budaya asli Batak. Pada zaman dahulu kala, rumah Bolon adalah tempat tinggal dari 13 raja yang tinggal di Sumatera Utara. 13 Raja tersebut adalah Raja Ranjiman, Raja Nagaraja, Raja Batiran, Raja Bakkaraja, Raja Baringin, Raja Bonabatu, Raja Rajaulan, Raja Atian, Raja Hormabulan, Raja Raondop, Raja Rahalim, Raja Karel Tanjung, dan Raja Mogam. Ada beberapa jenis rumah bolon dalam masyarakat Batak yaitu, rumah Bolon Toba, rumah Bolon Simalungun, rumah Bolon Karo, rumah Bolon Mandailing, rumah Bolon Pakpak, dan Rumah bolon Angkola. Setiap rum

Pantai Bali Lestari Serdang bedagai -kenichapedia



 
Pantai Bali Lestari Serdang Brdagai-kenichapedia
Pintu masuk Pantai Bali Lestari-kenichagraphy

Siapa Bilang pantai bali Cuma ada di pulau Bali, di serdang bedagai juga ada yang namanya Pantai Bali Lestari terletak di Jl. Pematang Pasir, Pantai cermin, Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Disini kalian bisa menikmati Pantai dengan suasana Pulau Dewata Bali. Dilihat dari desain tempat makan, restoran, ornamen gapura seperti pure-pure di pulau Bali. Pengelola pantai ini sengaja menciptakan suasana pantai seperti di Pulau Bali agar lebih terkesan unik dari pantai-pantai yang ada di daerah pesisir serdang bedagai yang banyak di jumpain wisata pantai berbagai konsep seperti pantai Labu, pantai cemara indah, pantai cermin, pantai mangrove dll.
Asal mulanya pantai ini bernama Pantai Lestari Indah setelah Pengelola pantai mengubah konsep pantai ini seperti suasana di pulau Bali, hingga pantai ini pun berubah nama menjadi Pantai Bali Lestari.
Pantai Bali Lestari Serdang Brdagai-kenichapedia
Panorama Pasir putih pantai bali lestari

Untuk sampai ke tempat ini, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 55 km selama 1,5 jam dengan kendaraan roda empat dari kota Medan melewati Tol Balmera. Kemudian melanjutkan ke rute Tol Medan- Kualanamu, lalu ambil jalan keluar menuju Gerbang Tol Lubuk Pakam, melewati jl. Lintas lubuk pakam-pematang siantar, lalu belok kiri ke jl. H.T.Rizal Nurdin/ Pantai cermin, terus lurus ke jl. Pantai Gudang Garam dan belok ke kiri Jl. Pematang Pasir. Untuk lebih jelasnya silahkan cek di Google Maps dan sesuaikan  dengan rute perjalanan kamu.
 Pantai Bali Lestari Serdang Brdagai-kenichapedia


Kalau perjalanan yang kami tempuh cukup mudah, karena sebelumnya kami sudah menginap di Pantai Cermin jadi kami tinggal jalan kaki sekitar 50 meter dari Gerbang Theme park Pantai cermin dan, sampailah kami di pantai Bali lestari. Karena memang pantai cermin bersebelahan dengan pantai Bali Lestari.
Tiket masuk ke Pantai Bali Lestari Sekitar Rp.13.000, dan Rp. 5.000 untuk parkir kendaraan. Disini juga memiliki fasilitas lengkap seperti Lahan parkir yang luas, kamar mandi dan toilet yang bersih, pondok-pondok untuk duduk bersantai dengan keluarga, kemudian disini juga terdapat restoran seafood, dan hiburan live musik pada saat weekend.

Pantai Bali Lestari Serdang Brdagai-kenichapedia


Ketika kita mulai memasuki pantai kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang asri, pohon-pohon cemara yang dililit kain hitam putih kotak-kotak khas Bali, udara yang segar, suasana pantai bali yang sangat terasa, ditambah dengan spot-spot foto pure bali, payung warna-warni yang menggantung menambah keunikan pantai ini.

Pantai Bali Lestari Serdang Brdagai-kenichapedia


Selain itu, wahana yang ditawarkan di pantai ini ada banana boat dengan tarif Rp. 25.000/ orang, Speed Boat Rp.  20.000/orang. Banyak wisatawan asal medan yang mengunjungi tempat ini ketika weekend, dan menjelang libur sekolah dan Tahun Baru atau Libur Lebaran, Tempat ini semakin ramai di kunjungi.



Comments