Skip to main content

Featured

Uniknya Rumah Bolon khas Suku Batak-Kenichapedia

Sumatera Utara punya segudang keunikan yang ada didalamnya, dari masyarakatnya, budayanya, makanannya pariwisatanya dan tak kalah unik dari   bangunan-bangunan rumahnya. Jika kalian mengunjungi tanah batak, kalian pasti akan sering menjumpai rumah unik yang satu ini, yah Rumah Bolon. Ternyata rumah ini juga punya sejarahnya, dan hingga kini masih banyak kita jumpain rumah Bolon, bahkan sebagian sudah menjadi Museum dan dijadikan Warisan Budaya asli Batak. Pada zaman dahulu kala, rumah Bolon adalah tempat tinggal dari 13 raja yang tinggal di Sumatera Utara. 13 Raja tersebut adalah Raja Ranjiman, Raja Nagaraja, Raja Batiran, Raja Bakkaraja, Raja Baringin, Raja Bonabatu, Raja Rajaulan, Raja Atian, Raja Hormabulan, Raja Raondop, Raja Rahalim, Raja Karel Tanjung, dan Raja Mogam. Ada beberapa jenis rumah bolon dalam masyarakat Batak yaitu, rumah Bolon Toba, rumah Bolon Simalungun, rumah Bolon Karo, rumah Bolon Mandailing, rumah Bolon Pakpak, dan Rumah bolon Angkola. Setiap rum

Cara Mengatur Keuangan dengan bijak untuk Mahasiswa-Kenichapedia


   
  1.  Utamakan kebutuhan Pokok

Setiap bulannya biasanya ada pengeluaran penting yang harus cepat-cepat di alokasikan begitu dapat uang, untuk kamu yang masih dapat transferan dari orang tua harus bijak dalam pengeluaran agar tak bokek di akhir bulan. Kebutuhan pokok seperti biaya kost perbualan, catering makan sebulan, transportasi, pulsa, biaya print fotocopy. Ketika kamu sudah menyisihkan kebutuhan pokok kamu selebihnya kamu akan lebih tenang mengatur uang kamu untuk biaya tambahan lainnya.
2.   Mulailah menabung
Kebiasaan baik ini sering dilewatkan anak mahasiswa, tabungan sangat membantu ketika dalam keadaan darurat seperti transferan dari ortu yang telat, tiba-tiba harus bayar buku, tabungan juga digunakan sebagai dana cadangan. Maka dari itu sangat penting menyisih kan dana untuk tabungan.

3.  Hati- hati dengan pengeluaran kecil 
                 Terlihat sepele, namun ini jadi pemicu kenapa uang kamu cepat habis, pengeluaran kecil peserti jajan, ngemil, beli kebutuhan tambahan, walaupun rupiah nya sedikit tapi kalau sering dilakukan pengeluaran ini akan menjadi membengkak.

4.   Budayakan mencatat pengeluaran
Sebenarnya tujuan mencatat ini yaitu untuk mengevaluasi dan memonitor kemana pengeluaran kamu disalurkan, dengan begitu kamu akan membedakan mana kebutuhan yang memang harus dikeluarkan dan mana kebutuhan sampingan yang harus dipangkas.

5.   Hindari Berhutang
Hutang terkadang malah membuatmu stres karena kamu harus memikirkan untuk melunasinya. Jika benar- dalam keadaan bokek dan gak ada cara lain selain berhutang, maka pinjam lah uang dengan nominal yang sedikit dengan begitu kamu akan mudah mengembalikan hutangmu dengan cepat.
                  6.   Jangan tergoda dengan Diskon
                  Jika diskon itu untuk barang kebutuhan pokok kamu sih tidak masalah, yang jadi masalah jika kamu tergoda dengan diskon barang-barang yang tidak terlalu penting seperti tas dan sepatu, jika kamu sudah memiliki banyak sepatu dan tas, untuk apa lagi menambah koleksi? Lebih baik uang tersebut dialokasikan untuk kebutuhan yang lebih penting.

Comments


  1. Thanks infonya. Pada prinsipnya, tiap orang punya cara masing-masing dalam mengatur keuangannya. Ada yang tipe jor-joran di awal bulan, jor-joran di akhir bulan, bahkan ada yang jor-joran tiap hari. Hayo, kamu tipe yang mana? Jawab dalam hati aja ya! Apapun jawaban kamu, penting untuk tetap mengetahui cara mengelola keuangan yang baik dan benar lewat artikel yang saya temuin ini: Cara mudah atur keuangan bulanan

    ReplyDelete

Post a Comment