Skip to main content

Featured

Uniknya Rumah Bolon khas Suku Batak-Kenichapedia

Sumatera Utara punya segudang keunikan yang ada didalamnya, dari masyarakatnya, budayanya, makanannya pariwisatanya dan tak kalah unik dari   bangunan-bangunan rumahnya. Jika kalian mengunjungi tanah batak, kalian pasti akan sering menjumpai rumah unik yang satu ini, yah Rumah Bolon. Ternyata rumah ini juga punya sejarahnya, dan hingga kini masih banyak kita jumpain rumah Bolon, bahkan sebagian sudah menjadi Museum dan dijadikan Warisan Budaya asli Batak. Pada zaman dahulu kala, rumah Bolon adalah tempat tinggal dari 13 raja yang tinggal di Sumatera Utara. 13 Raja tersebut adalah Raja Ranjiman, Raja Nagaraja, Raja Batiran, Raja Bakkaraja, Raja Baringin, Raja Bonabatu, Raja Rajaulan, Raja Atian, Raja Hormabulan, Raja Raondop, Raja Rahalim, Raja Karel Tanjung, dan Raja Mogam. Ada beberapa jenis rumah bolon dalam masyarakat Batak yaitu, rumah Bolon Toba, rumah Bolon Simalungun, rumah Bolon Karo, rumah Bolon Mandailing, rumah Bolon Pakpak, dan Rumah bolon Angkola. Setiap rum

“Wisata Pantai Mangrove kampung Nipah di Serdang Bedagai Sumatera Utara”-Kenichapedia


“Wisata Pantai Mangrove kampung Nipah  di Serdang Bedagai Sumatera Utara”-Kenichapedia

 “Kamu tim mana nih? tim gunung atau tim pantai? “ Bagi yang suka pantai pasti sudah tak asing lagi dengan wisata bahari pantai Mangrove yang ada di kampung Nipah Perbaungan Serdang Bedagai. Nah, buat kamu yang belum pernah dengar, saya mau sharing nih perjalanan seru kami ke Pantai Mangrove kampung Nipah Serdang Bedagai.

            Pantai cantik nan eksotis ini berlokasi tepatnya di desa Sei Nagalawan, Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Untuk akses menuju ke tempat memakan waktu 2-3 jam dari pusat kota medan menggunakan mobil. Dalam perjalanan yang kami lakukan, kami memillih untuk naik angkutan kota (Angkot) M19 dari kampus Unimed menuju perbaungan simpang pantai cermin dan memakan waktu hingga 1,5 jam. Sesampainya kami di perbaungan kami masuk ke jalan kecamatan pantai cermin dengan menyewa becak motor khas Medan hingga memakan waktu 1 jam. Di sepanjang pesisir pantai kabupaten Serdang Bedagai memang banyak tempat wisata bahari yang dibuka untuk umum.

“Wisata Pantai Mangrove kampung Nipah  di Serdang Bedagai Sumatera Utara”-Kenichapedia

            Untuk penginapan disini juga di terdapat homestay dengan harga ratusan ribu permalamnya, tetapi kali ini kami lebih memilih untuk mendirikan tenda di tepi pantai. Dan untuk makanan disini juga terdapat restoran seafood yang di tawarkan oleh pengelola pantai mulai harga 25.000 hingga 135.000 per menu. Namun pada perjalanan kami mengusung tema backpacker maka dari itu kami memasak makanan kami sendiri.

“Wisata Pantai Mangrove kampung Nipah  di Serdang Bedagai Sumatera Utara”-Kenichapedia



             Yang menarik dari pantai mangrove ini sudah pasti habitat dari pohon mangrove itu sendiri, kita bisa melihat hamparan hutan mangrove yang rindang, sungai air tawar di tengah hutan. Sejarahnya dulu hutan mangrove ini sengaja di tanam oleh penduduk desa kampung nipah secara swadaya, hal ini dikarenakan pantai di kampung nya mengalami abrasi akibat pantai yang dulu sempat di fungsikan sebagai tambak udang. Disini juga disewakan pondok-pondok kecil berbentuk payung yang unik terbuat dari bambu. Untuk harga sewa pondok sekitar 40.000-50.000. Udara yang segar buat kami betah berlama-lama disini. Dan jika malam datang langit disini penuh dengan bintang, belum lagi kita sesekali akan melihat pesawat hilir mudik lewat dari kualanamu ke penjuru langit.

“Melihat Keindahan Wisata Pantai Mangrove kampung Nipah  di Serdang Bedagai Sumatera Utara”

            Untuk biaya masuk disini hanya dikenakan 5.000 per orang dan uang parkir kendaraan 5.000 untuk sepeda motor dan 15.000 untuk kendaraan roda empat. Di tempat ini kalian bisa mengajak keluarga untuk berlibur atau mengajak teman-teman sekelas untuk mengadakan reuni.

“Wisata Pantai Mangrove kampung Nipah  di Serdang Bedagai Sumatera Utara”-Kenichapedia

Rasanya sangat ingin berlama-lama di tempat ini, suasana yang tenang, sejuk menenangkan hati, jauh dari keramaian. Bagi kamu yang sedang jenuh dengan hiruk pikuk perkotaan tidak ada salahnya mengunjungi pantai ini di saat weekend.

Comments