Skip to main content

Featured

Uniknya Rumah Bolon khas Suku Batak-Kenichapedia

Sumatera Utara punya segudang keunikan yang ada didalamnya, dari masyarakatnya, budayanya, makanannya pariwisatanya dan tak kalah unik dari   bangunan-bangunan rumahnya. Jika kalian mengunjungi tanah batak, kalian pasti akan sering menjumpai rumah unik yang satu ini, yah Rumah Bolon. Ternyata rumah ini juga punya sejarahnya, dan hingga kini masih banyak kita jumpain rumah Bolon, bahkan sebagian sudah menjadi Museum dan dijadikan Warisan Budaya asli Batak. Pada zaman dahulu kala, rumah Bolon adalah tempat tinggal dari 13 raja yang tinggal di Sumatera Utara. 13 Raja tersebut adalah Raja Ranjiman, Raja Nagaraja, Raja Batiran, Raja Bakkaraja, Raja Baringin, Raja Bonabatu, Raja Rajaulan, Raja Atian, Raja Hormabulan, Raja Raondop, Raja Rahalim, Raja Karel Tanjung, dan Raja Mogam. Ada beberapa jenis rumah bolon dalam masyarakat Batak yaitu, rumah Bolon Toba, rumah Bolon Simalungun, rumah Bolon Karo, rumah Bolon Mandailing, rumah Bolon Pakpak, dan Rumah bolon Angkola. Setiap rum

“Mengulik Keunikan Kuil Hindu Tertua di Medan: Kuil Shri Mariamman"-kenichapedia



“Mengulik Keunikan Kuil Hindu Tertua di Medan: Kuil Shri Mariamman"-kenichapedia



Di kota Medan terdapat tempat yang dijuluki “The Little India” bagi kamu anak medan pasti sudah tidak asing dengan daerah ini, yuuppss... Kampung Madras di sekitaran Jl. Teuku Umar, Jl. Zainul Arifin, Sun Plaza medan dan sekitar nya dijuluki little India karena disini mayoritas penduduk nya beragama Hindu India Tamil, disini juga terdapat Kuil Agung bernama Shri Mariaman yang menjadi kebanggaan warga Madras Hulu.
            Pada hari- hari keagamaan Hindu seperti perayaan Deepavali dan Thaipusam di daerah ini menjadi sangat padat karna disini lah pusat perayaannya dan menjadi destinasi wisata rohani bagi warga hindu di Medan.
1      Sejarah Kuil
            Kuil Shri Mariamman ini dibagun pada tahun 1884 Masehi, terletak di Jl.Teuku Umar No. 18, Kel. Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan. Kuil ini juga dijadikan bukti sejarah kehadiran warga keturunan India di Kota Medan. Kuil ini juga merupakan kuil Hindu tertua di kota Medan dan berfungsi sebagai tempat beribadah untuk memuja Dewi Mariamman, jadi tak heran jika nama kuil ini di ambil dari salah satu nama Dewi yakni Shri Mariamman. Dahulu kuil ini dibangun oleh seorang pemuda India Tamil bernama Gurdhuara Sahib yang merupakan pekerja di perusahaan perkebunan tembakau yang ada di Sumatera Utara.

“Mengulik Keunikan Kuil Hindu Tertua di Medan: Kuil Shri Mariamman"


2      Arsitektur Kuil
            Ketika kita masuk ke kuil melalui gerbang depan kita akan langsung  menemukan dua patung Dewa Shiwa di depan pintu masuk. Lalu di bagian atas pintu dan si sisi kanan-kiri pintu kuil terdapat patung Tuwarsakti yaitu penjaga Dewi Shri Mariamman yang berparas cantik. Yang unik dari patung dewi ini ada pada keempat tangannya yang bersenjatakan trisula, gada, dan pasa.

“Mengulik Keunikan Kuil Hindu Tertua di Medan: Kuil Shri Mariamman"-kenichapedia
Patung-patung Dewa Di Kuil Shri Mariamman

            Dibagian dalam ruangan kuil juga dilengkapi tiga tempat pemujaan. Ketiga tempat yang menjadi lokasi utama pemujaan, dilengkapi satu patung, masing-masing patung Shri Maha Visnu, Siva, dan Brahmana. Kuil ini memiliki gaya arsitektur “Dravidia” yang khas India, bangunan kuil ini juga memiliki banyak relief dan patung-patung. Patung tersebut juga menggambarkan kehidupan umat Hindu pada zaman dahulu.

“Mengulik Keunikan Kuil Hindu Tertua di Medan: Kuil Shri Mariamman"-kenichapedia
Patung Twarsakti Penjaga Dewi Shri Mariamman

            Untuk munuju kuil ini sangat mudah ada beberapa angkot di medan yang melewati rute kampung Madras ini seperti Angkot 64 kuning dari Amplas, angkot 10 kuning dari aksara, jika kamu ingin lebih mudah, saat ini sudah banyak ojek/taksi online, tinggal kamu pesan untuk menuju kuil Shri Mariamman. Di Kuil ini tidak dipungut biaya masuk, hanya saja kita harus menghormati umat Hindu yang sedang beribadah seperti melepaskan alas kaki ketika masuk, kemudian menjaga suara agar yang beribadah tetap hikmat. Kuil ini buka setiap hari sejak pukul 06.00- 12.00 Wib. Tutup ketika tengah hari dan akan dibuka kembali pukul 16.00-20.00 Wib.

Comments